Resensi Buku Panduan Belajar Muslim Muda Memahami Islam

Resentator : Tatang Aditya F

 

 

Judul                :  Panduan Belajar Muslim Muda Memahami Islam

Penulis            :  Asli Kaplan

Penerbit          :  Penerbit Republika

Tebal               :  viii+240 halaman

Dimensi           :  13.5 × 20.5 cm

Cetakan           :  1, September 2019

Harga              :  Rp52,000.00

ISBN                 :  978-602-573-499-1

 

Secara garis besar buku berjudul Panduan Belajar Muslim Mudah Memahami Islam ini membahas tentang cara memahami agama Islam dengan lebih mudah dan bijaksana dalamnya juga dilengkapi kisah-kisah inspiratif penuh hikmah dan pelajaran berharga yang akan membuat para pembacanya merenung lantas meyakini bahwa Islam adalah agama yang penuh dengan kasih sayang, cinta kasih, sekaligus agama yang akan menjadi rahmat bagi seluruh manusia di muka bumi ini. Buku ini juga dilengkapi dengan banyak kisah yang relateable dan penjelasan yang mudah. Sehingga buku ini akan mampu memandu muslim muda dalam belajar memahami Islam, mulai dari perkara iman hingga berbagai persoalan ibadah. Hal ini menjadi penting, sebab kehadiran muslim udah yang aqidahnya kuat dan taat beribadah akan memastikan tegaknya Islam di muka bumi.

Membaca buku ini akan membuat kita menyadari bahwa menjadi muslim/muslimah merupakan anugerah yang harus kita syukuri dan terus kita jaga anugerah tersebut jangan sampai hilang meskipun kian hari makin banyak godaan yang hendak mengikis keimanan kita. Karena itulah kita wajib untuk senantiasa memperbaiki dan meningkatkan pemahaman kita tentang agama Islam. Dan buku ini akan membantu dalam memberikan pengetahuan tentang bagaimana seharusnya kita dalam beragama utamanya dalam penguatan rukun iman dan ditambah dengan pembentukan karakter dasar seorang muslim.

Banyak sekali isi-isi menarik dalam buku ini, salah satu yang paling saya suka adalah dalam bab iman kepada Allah, dijelaskan bahwa keimanan kepada AllAh menjadi syarat utama dalam menjadi seorang muslim. Meskipun Allah bersifat ghaib, mengenal dan mencintai Allah bukanlah hal yang mustahil jika kita mencoba belajar mengenai segala sesuatu tentang-Nya. Itu bisa dilakukan melalui ayat-ayat qauliyah lewat Alquran maupun ayat-ayat kauniyah lewat penciptaan-Nya. Tidak sulit untuk merasakan keberadaan Allah. Sesungguhnya siapapun dapat merasionalisasikan keberadaan Allah lebih dari keberadaan dirinya sendiri, kecuali jika orang tersebut telah mengindikasikan dirinya untuk menyangkal keberadaan Tuhan (halaman 12). Ini tentang kemauan dan apapun cahaya jika ia menutup mata hanya gelap ya ada keserasian alam tak mungkin ada dengan sendirinya itulah menjadi bukti keberadaan Sang Pencipta.

Buku ini memiliki banyak keunggulan sehingga terbitnya buku ini layak dan bagus dijadikan sebagai referensi berharga bagi umat Islam khususnya generasi muda agar dapat memahami agama Islam dengan lebih mudah dan bijaksana. Selain itu buku ini juga dilengkapi dengan berbagai kisah-kisah islami yang memperkaya bahasan buku ini serta banyak hadits maupun dalil yang digunakan untuk memperkuat opini dalam buku ini. sehingga pembahasan yang diajarkan tidak akan melenceng dari apa yang menjadi dasar-dasar Islam yaitu Alquran dan hadis. Meskipun buku ini merupakan hasil terjemahan, hal itu tidak membuat buku ini menjadi sulit untuk dipahami oleh masyarakat awam. Namun tidak ada karya manusia yang sempura, begitu juga dengan buku ini. Terdapat beberapa kekurangan dalam buku ini, seperti beberapa ilustrasi yang ditambahkan dalam buku ini memiliki penempatan yang kurang baik dan terasa tidak menyatu dengan layout tulisan sehingga mungkin sedikit mengganggu bagi sebagian orang.

 

Dari segi sistematika penulisan, buku ini disusun dalam bab-bab besar yang disertai dengan beberapa subbab kecil yang mempermudah para pembaca untuk memahami isinya dengan lebih baik. Selain itu kalimat yang digunakan juga mudah dipahami dengan memperhatikan pemilihan diksi yang baik dan penggunaan tanda baca dengan baik. Terlebih lagi, tidak kesalahan penulisan yang dapat ditemukan dalam buku ini.

Leave a Reply