Fun Riset FSI Ramadhan saat situasi normal vs karantina “Dakwah Ilmi_ Respon Mahasiswa Muslim FEB UI dalam Menyikapi Covid-19 di Bulan Ramadhan”

Yuk FSI fellas kita tengok perbandingan Ramadhan temen-temen FEB UI pada saat normal dan pada saat berada dalam karantina karena pandemi Covid-19.

 

Total Responden = 74

 

Analisis Jawaban Responden:

 

A.     Perbandingan ibadah ketika normal dengan saat pandemi

1.    Melaksanakan salat awal waktu

v  Komposisi jawaban


**Tidak ada yang menjawab “skor 1”

 

v  Rata-rata


 

2.    Melaksanakan salat tarawih

v  Komposisi jawaban


 

 

 

v  Rata-rata


 

3.    Bertilawah Alquran

v  Komposisi jawaban


 

v  Rata-rata


 

4.    Mengikuti kajian atau majelis ilmu

v  Komposisi jawaban


 

v  Rata-rata


 

5.    Berinfaq

v  Komposisi jawaban


 

v  Rata-rata


 

(slide berikutnya)

Wah ternyata Secara rata-rata, lebih banyak responden rutin yang melaksanakan sholat di awal waktu, tarawih, dan tilawah Al-Quran pada saat kondisi Ramadhan normal daripada saat menghadapi situasi pandemi. Namun menariknya, secara rata-rata, lebih banyak responden yang mengikuti kajian atau majelis ilmu dan berinfaq pada saat menghadapi pandemi (karantina) daripada pada saat Ramadhan di situasi normal. Hal ini membuktikan kepada kita bahwa situasi pandemi yang dihadapi pada saat Ramadhan juga membawa kebaikan bagi diri kita.

 

 

 

6.    Hikmah yang dapat diambil selama pandemi Covid-19 di tengah Bulan Ramadhan

Quality time dengan keluarga yang lebih banyak sehingga semakin dekat, situasi karantina memberikan waktu lebih banyak kepada responden merasakan khidmatnya beribadah saat ramadhan sehingga semangat mengejar target ibadah dan semakin dekat dengan-Nya, menghadapi situasi pandemi juga mengajarkan responden untuk lebih bersabar dan paham akan penderitaan saudara-saudara di Palestina dan Yaman yang terkekang di negeri sendiri.

 

 

Leave a Reply